Tips Memasang Granit untuk Fasad Rumah, Semen Mortar Kuncinya!

Granit dikenal sebagai salah satu bahan bangunan yang digunakan untuk menutupi struktur lantai. Apabila dibandingkan dengan bahan penutup lantai lainnya, granit ini memiliki keunggulan tersendiri. Di antaranya granit memiliki sifat kuat, keras, serta kokoh, sehingga memiliki daya tahan yang bagus dan ketangguhan yang tinggi.

Tidak heran, rata-rata dari harga granit di pasaran memang lumayan mahal. Selain itu bisa dipasang di area lantai, granit juga dapat langsung diaplikasikan di dinding dan perabotan rumah tangga seperti meja, kitchen sink, and countertop pada kitchen set.

Tips Memasang Granit untuk Fasad Rumah

Bagi Anda yang tertantang untuk memasang lantai granit sendiri, maka Anda bisa ikuti panduan di bawah ini ya.

1. Pembuatan Dasaran

Pembuatan lantai dasaran ini bersifat opsional dan berfungsi untuk mempermudah memasang lantai granit. Dasaran ini memang terbuat dari campuran pasir dan semen dengan perbandingan 3:1. Jadi buatlah lantai semen yang memiliki permukaan rata. Berikutnya, tunggu lantai ini mengering. Untuk referensi anda, akan kami sajikan informasi terkait produk unggulan yang paling dicari, terutama produk instan, ini dia produknya bisa anda temukan di www.id.weber/id 

2.              Pembuatan Perekat

Adukan perekat untuk pemasangan lantai granit, terbuat dari pasir dan semen dicampur dengan komposisi 3:1. Lalu adukan dibuat dengan tekstur yang kering dan tidak terlalu lembek. Sehingga tidak akan berisiko mengalami penyusutan secara berlebihan bila sudah kering.

Sebagai alternatif, bisa menggunakan semen instan sesuai standar pabrik. Pemakaian semen instan lebih praktis ketimbang semen biasa. 

3.              Teknik Pemasangan

Standar ukuran untuk memasang lantai granit ini dimulai dari satu keping  memanjang, bukan harus melebar. Sementara itu, untuk pemasangan lantai granit tidak menggunakan nat dimulai memasang 3 baris secara memanjang terlebih dulu. 

Sementara itu, arah pemasangan yang benar dimulai dari sisi bagian dalam menuju ke sisi bagian luar. Hal ini berarti Anda harus memasang lantai granit dari area tengah ruangan terlebih dahulu. 

Lalu bisa dilanjutkan ke tepi hingga menuju ke area pinggir ruangan. Jangan pernah memasang lantai granit dimulai dari sisi bagian luar ke sisi pada bagian dalam. Hal ini karena akan mengakibatkan hasil pekerjaan Anda menjadi tidak rapi. Simak juga informasi cara plester bangunan yang baik dan benar supaya bangunan tahan lama di https://www.id.weber/id/solusi-dinding 

Leave a Reply

Your email address will not be published.